Pelajaran Hidup

Inspirasi dari sebuah pengalaman dan pelajaran hidup..Semua butuh sebuah pembelajaran

Tugas Sistem Operasi tentang Android

SEJARAH ANDROID

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android’s co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger, Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc , Nick Sears (sekali VP di T-Mobile , dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di webtv. Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel.Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu.
Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux yang mereka dipasarkan ke produsen handset dan operator pada premis memberikan yang fleksibel, sistem upgradeable. Hal ini melaporkan bahwa Google telah berbaris serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak dan memberi isyarat untuk mitra operator itu terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada pihak mereka.Lebih spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar telepon seluler datang pada bulan Desember 2006 .Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal mencatat bahwa Google ingin pencariannya dan aplikasi pada ponsel dan sudah bekerja keras untuk memberikan itu. Cetak dan media online segera melaporkan rumor bahwa Google sedang mengembangkan handset bermerek Google.Lebih spekulasi diikuti laporan bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknis, ini menunjukkan prototipe untuk produsen ponsel dan operator jaringan.
Pada bulan September 2007, InformationWeek menutupi sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus Salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan’s HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.


KONSEP MANAJEMEN SISTEM ANDROID

















Dalam paket sistem operasi android tediri dari beberapa unsur seperti tampak pada gambar di bawah. Secara sederhana arsitektur android merupakan sebuah kernel Linux dan sekumpulan pustaka C / C++ dalam suatu framework yang menyediakan dan mengatur alur proses aplikasi.[Google IO, Android Anatomy and Physiology].

MANAGEMEN PROSES PADA ANDROID
1.Linux Kernel
Android dibangun di atas kernel Linux 2.6. Namun secara keseluruhan android bukanlah linux, karena dalam android tidak terdapat paket standar yang dimiliki oleh linux lainnya. Linux merupakan sistem operasi terbuka yang handal dalam manajemen memori dan proses. Oleh karenanya pada android hanya terdapat beberapa servis yang diperlukan seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, jaringan dan driver. Kernel linux menyediakan driver layar, kamera, keypad, WiFi, Flash Memory, audio, dan IPC (Interprocess Communication) untuk mengatur aplikasi dan lubang keamanan.
2.Libraries
Android menggunakan beberapa paket pustaka yang terdapat pada C/C++ dengan standar Berkeley Software Distribution (BSD) hanya setengah dari yang aslinya untuk tertanam pada kernel Linux. Beberapa pustaka diantaranya:
• Media Library untuk memutar dan merekam berbagai macam format audio dan video.
• Surface Manager untuk mengatur hak akses layer dari berbagai aplikasi.
• Graphic Library termasuk didalamnya SGL dan OpenGL, untuk tampilan 2D dan 3D.
• SQLite untuk mengatur relasi database yang digunakan pada aplikasi.
SSl dan WebKit untuk browser dan keamanan internet.
• System C library —> diturunkan dari implementasi standard C system library (libc) milik BSD, dioptimasi untuk piranti embedded berbasis Linux
Pustaka-pustaka tersebut bukanlah aplikasi yang berjalan sendiri, namun hanya dapat digunakan oleh program yang berada di level atasnya. Sejak versi Android 1.5, pengembang dapat membuat dan menggunakan pustaka sendiri menggunakan Native Development Toolkit (NDK).
3.Android Runtime
Pada android tertanam paket pustaka inti yang menyediakan sebagian besar fungsi android. Inilah yang membedakan Android dibandingkan dengan sistem operasi lain yang juga mengimplementasikan Linux. Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada. Dalam Android Runtime terdapat 2 bagian utama, diantaranya :
• Pustaka Inti, android dikembangkan melalui bahasa pemrograman Java, tapi Android Runtime bukanlah mesin virtual Java. Pustaka inti android menyediakan hampir semua fungsi yang terdapat pada pustaka Java serta beberapa pustaka khusus android.
• Mesin Virtual Dalvik, Dalvik merupakan sebuah mesin virtual yang dikembangkan oleh Dan Bornstein yang terinspirasi dari nama sebuah perkampungan yang berada di Iceland. Dalvik hanyalah interpreter mesin virtual yang mengeksekusi file dalam format Dalvik Executable (*.dex). Dengan format ini Dalvik akan mengoptimalkan efisiensi penyimpanan dan pengalamatan memori pada file yang dieksekusi. Dalvik berjalan di atas kernel Linux 2.6, dengan fungsi dasar seperti threading dan manajemen memori yang terbatas. [Nicolas Gramlich, Andbook, anddev.org].
4.Application Framework
Kerangka aplikasi menyediakan kelas-kelas yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Selain itu, juga menyediakan abstraksi generik untuk mengakses perangkat, serta mengatur tampilan user interface dan sumber daya aplikasi. Bagian terpenting dalam kerangka aplikasi android adalah sebagai berikut [Hello Android 2nd Edition]:
1)Activity Manager, berfungsi untuk mengontrol siklus hidup aplikasi dan menjaga keadaan ”Backstack“ untuk navigasi penggunaan.
2)Content Providers, berfungsi untuk merangkum data yang memungkinkan digunakan oleh aplikasi lainnya, seperti daftar nama.
3)Resuource Manager, untuk mengatur sumber daya yang ada dalam program. Serta menyediakan akses sumber daya diluar kode program, seperti karakter, grafik, dan file layout.
4)Location Manager, berfungsi untuk memberikan informasi detail mengenai lokasi perangkat android berada.
5)Notification Manager, mencakup berbagai macam peringatan seperti, pesan masuk, janji, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan pada status bar.
5.Application Layer
Puncak dari diagram arsitektur android adalah lapisan aplikasi dan widget. Lapisan aplikasi merupakan lapisan yang paling tampak pada pengguna ketika menjalankan program. Pengguna hanya akan melihat program ketika digunakan tanpa mengetahui proses yang terjadi dibalik lapisan aplikasi. Lapisan ini berjalan dalam Android runtime dengan menggunakan kelas dan service yang tersedia pada framework aplikasi.
Lapisan aplikasi android sangat berbeda dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Pada android semua aplikasi, baik aplikasi inti (native) maupun aplikasi pihak ketiga berjalan diatas lapisan aplikasi dengan menggunakan pustaka API (Application Programming Interface) yang sama.



MANAJEMEN MEMORI DI ANDROID

Pendahuluan Tentang Memori Android
Android
Android adalah software stack untuk perangkat mobile yang mencakup aplikasi sistem operasi, middleware dan kunci. The Android SDK menyediakan alat dan API diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Android Memori
Android adalah Linux berbasis OS dengan kernel 2.6.x, dipreteli untuk menangani tugas yang paling cukup baik. Menggunakan perpustakaan asli C open source yang memiliki mesin bertenaga Linux selama bertahun-tahun. Semua dasar OS operasi seperti I / O, manajemen memori, dan seterusnya, ditangani oleh kernel dilucuti-down Linux native.

Cara menggunakan memori untuk setiap aplikasi

Android proses dan manajemen memori adalah sedikit tidak biasa. Seperti Java dan. NET, Android menggunakan jalankan sendiri waktu dan mesin virtual untuk mengelola memori aplikasi. Tidak seperti salah satu dari kerangka kerja ini, saat menjalankan Android juga mengelola proses seumur hidup. Android memastikan respon aplikasi dengan menghentikan dan membunuh proses yang diperlukan untuk sumber daya gratis untuk aplikasi prioritas lebih tinggi.
Setiap aplikasi Android berjalan dalam proses yang terpisah dalam contoh Dalvik nya sendiri, melepaskan semua tanggung jawab untuk memori dan manajemen proses untuk waktu menjalankan Android, yang berhenti dan membunuh proses yang diperlukan untuk mengelola sumber daya.
Dalvik dan waktu menjalankan Android duduk di atas kernel Linux yang menangani tingkat rendah interaksi hardware termasuk driver dan manajemen memori, sementara satu set API menyediakan akses ke semua di bawah-berbaring, fitur hardware jasa, dan.
Dalvik Virtual Machine Dalvik adalah mesin virtual berbasis mendaftar yang telah dioptimalkan untuk memastikan bahwa perangkat dapat menjalankan beberapa contoh efisien. Hal ini bergantung pada kernel Linux untuk manajemen memori threading dan tingkat rendah.

Para Dalvik Virtual Machine
Salah satu elemen kunci dari Android adalah Dalvik mesin virtual. Daripada menggunakan mesin Jawa tradisional virtual (VM) seperti Java ME (Java Mobile Edition), Android menggunakan VM kustom yang dirancang untuk memastikan bahwa beberapa contoh berjalan efisien pada satu perangkat.
VM Dalvik menggunakan kernel Linux yang mendasari perangkat untuk menangani tingkat rendah fungsionalitas termasuk keamanan, threading, dan proses dan manajemen memori.
Semua hardware Android dan akses sistem pelayanan dikelola menggunakan Dalvik sebagai tingkat menengah. Dengan menggunakan VM untuk host eksekusi aplikasi, pengembang memiliki lapisan abstraksi yang memastikan mereka tidak perlu khawatir tentang implementasi hardware tertentu.
VM Dalvik mengeksekusi file executable Dalvik, sebuah format yang dioptimalkan untuk memastikan memori minimal kaki-cetak. Para Dex executable. Diciptakan dengan mengubah kelas bahasa Jawa disusun dengan menggunakan alat disediakan dalam SDK.

Understanding Aplikasi Prioritas dan Amerika Proses
Urutan di mana proses yang dibunuh untuk merebut kembali sumber daya ditentukan oleh prioritas aplikasi host. Prioritas aplikasi adalah sama dengan prioritas tertinggi komponen.
Dimana dua aplikasi memiliki prioritas yang sama, proses yang telah di prioritas yang lebih rendah terpanjang akan dibunuh lebih dulu. Prioritas proses juga dipengaruhi oleh interprocess dependensi, jika sebuah aplikasi memiliki ketergantungan pada Layanan atau Content Provider yang diberikan oleh aplikasi kedua, aplikasi sekunder akan memiliki minimal sebagai prioritas tinggi sebagai aplikasi mendukung.
Semua aplikasi Android akan tetap berjalan dan dalam memori sampai sistem kebutuhan sumber daya untuk aplikasi lain.

Sangat penting untuk struktur aplikasi Anda dengan benar untuk memastikan bahwa prioritas adalah sesuai untuk pekerjaan yang dilakukannya. Jika Anda tidak, aplikasi Anda bisa dibunuh sementara itu di tengah-tengah sesuatu yang penting.


Rincian daftar berikut masing-masing negara aplikasi yang ditunjukkan pada Gambar, menjelaskan bagaimana negara ditentukan oleh komponen aplikasi itu terdiri dari :

1) Proses Aktif (depan) proses adalah mereka aplikasi hosting dengan komponen ini berinteraksi dengan pengguna. Ini adalah proses Android berusaha untuk tetap responsif dengan reklamasi sumber daya. Ada umumnya sangat sedikit dari proses ini, dan mereka akan dibunuh hanya sebagai pilihan terakhir.




Proses aktif meliputi :
-Kegiatan dalam keadaan "aktif", yaitu, mereka berada di latar depan dan menanggapi peristiwa pengguna. Anda akan menjelajahi negara Aktivitas secara lebih rinci nanti dalam bab ini.
-Kegiatan, Jasa, atau Penerima Broadcast yang sedang mengeksekusi sebuah event handler onReceive.
-Jasa yang mengeksekusi sebuah onStart, OnCreate atau event handler onDestroy.

2)Proses Terlihat
Tetapi proses tidak aktif adalah mereka hosting "terlihat" Kegiatan.Seperti namanya, Kegiatan terlihat terlihat, tetapi mereka tidak di latar depan atau menanggapi peristiwa pengguna. Hal ini terjadi ketika sebuah Kegiatan hanya sebagian tertutup (oleh non-Kegiatan layar penuh atau transparan). Pada umumnya ada proses yang terlihat sangat sedikit, dan mereka hanya akan tewas dalam keadaan ekstrem untuk memungkinkan proses yang aktif untuk melanjutkan.

3)Proses Layanan Dimulai
Proses Layanan hosting yang telah dimulai. Layanan mendukung proses yang berkelanjutan yang harus terus tanpa antarmuka terlihat. Karena Layanan tidak berinteraksi langsung dengan pengguna, mereka menerima prioritas yang sedikit lebih rendah dari Kegiatan terlihat. Mereka masih dianggap proses latar depan dan tidak akan dibunuh kecuali jika sumber daya yang dibutuhkan untuk proses yang aktif atau terlihat.

4)Proses Latar Belakang
Proses hosting Aktivitas yang tidak terlihat dan yang tidak memiliki setiap Jasa yang telah mulai dianggap proses latar belakang. Umumnya akan ada sejumlah besar proses latar belakang bahwa Android akan membunuh menggunakan terakhir melihat-pertama-membunuh tepuk-tiga barang untuk mendapatkan sumber daya untuk proses latar depan.

5)Proses Kosong
Untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan, Android sering mempertahankan aplikasi dalam memori setelah mereka telah mencapai akhir hidup mereka.Android mempertahankan cache ini untuk meningkatkan waktu start-up aplikasi ketika mereka kembali diluncurkan. Proses ini ROU-tinely dibunuh seperti yang diperlukan.

CARA MENGGUNAKAN MEMORI SECARA EFISIEN
Android mengelola aplikasi yang terbuka yang berjalan di latar belakang, sehingga resmi Anda tidak harus peduli tentang itu. Ini berarti bahwa menutup aplikasi ketika sistem kebutuhan lebih banyak memori. Namun, pengguna android yang paling tidak sangat puas dengan bagaimana melakukan hal-hal yang karena kadang-kadang meninggalkan terlalu banyak proses yang berjalan yang menyebabkan kelesuan 'dalam kinerja sehari-hari. Kita dapat menggunakan tugas manajer pembunuh / tugas maju dan ia melakukan pekerjaan yang sangat baik.



a.Penyimpanan Data
Fitur penting android adalah bahwa satu aplikasi dapat menggunakan elemen dari aplikasi lain (untuk aplikasi yang memungkinkan). Sebagai contoh, sebuah aplikasi memerlukan fitur scroller dan aplikasi lain telah mengembangkan fitur scroller yang baik dan memungkinkan aplikasi lain menggunakannya. Maka pengembang tidak perlu lagi mengembangkan hal serupa untuk aplikasinya, cukup menggunakan scroller yang telah ada [developer.android.com].
Agar fitur tersebut dapat bekerja, sistem harus dapat menjalankan aplikasi ketika setiap bagian aplikasi itu dibutuhkan, dan pemanggilan objek java untuk bagian itu. Oleh karenanya android berbeda dari sistem-sistem lain, Android tidak memiliki satu tampilan utama program seperti fungsi main() pada aplikasi lain. Sebaliknya, aplikasi memiliki komponen penting yang memungkinkan sistem untuk memanggil dan menjalankan ketika dibutuhkan.
1. Activities
Activity merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah aplikasi, karena Activity menyajikan tampilan visual program yang sedang digunakan oleh pengguna. Setiap Activity dideklarasikan dalam sebuah kelas yang bertugas untuk menampilkan antarmuka pengguna yang terdiri dari Views dan respon terhadap Event. Setiap aplikasi memiliki sebuah activity atau lebih. Biasanya pasti akan ada activity yang pertama kali tampil ketika aplikasi dijalankan.
Perpindahan antara activity dengan activity lainnya diatur melalui sistem, dengan memanfaatkan activity stack. Keadaan suatu activity ditentukan oleh posisinya dalam tumpukan acitivity, LIFO (Last In First Out) dari semua aplikasi yang sedang berjalan. Bila suatu activity baru dimulai, activity yang sebelumnya digunakan maka akan dipindahkan ketumpukan paling atas. Jika pengguna ingin menggunakan activity sebelumnya, cukup menekan tombol Back, atau menutup activity yang sedang digunakan, maka activity yang berada diatas akan aktif kembali.
Memory Manager android menggunakan tumpukkan ini untuk menentukan prioritas aplikasi berdasarkan activity, memutuskan untuk mengakhiri suatu aplikasi dan mengambil sumber daya dari aplikasi tersebut.
Ketika activity diambil dan disimpan dalam tumpukkan activity terdapat 4 kemungkinan kondisi transisi yang akan terjadi [Reto Meier, Profesional Android Application Development, Wiley Publishing, Canada, 2009] :

1)Active
Setiap activity yang berada ditumpukan paling atas, maka dia akan terlihat, terfokus, dan menerima masukkan dari pengguna. Android akan berusaha untuk membuat activity aplikasi ini untuk untuk tetap hidup dengan segala cara, bahkan akan menghentikan activity yang berada dibawah tumpukkannya jika diperlukan. Ketika activity sedang aktif, maka yang lainnya akan dihentikan sementara.
2)Paused,
Dalam beberapa kasus activity akan terlihat tapi tidak terfokus pada kondisi inilah disebut paused. Keadaan ini terjadi jika activity transparan dan tidak fullscreen pada layar. Ketika activity dalam keadaan paused, dia terlihat active namun tidak dapat menerima masukkan dari pengguna. Dalam kasus ekstrim, android akan menghentikan activity dalam keadaan paused ini, untuk menunjang sumber daya bagi activity yang sedang aktif.
3)Stopped,
Ketika sebuah activity tidak terlihat, maka itulah yang disebut stopped. Activity akan tetap berada dalam memori dengan semua keadaan dan informasi yang ada. Namun akan menjadi kandidat utama untuk dieksekusi oleh sistem ketika membutuhkan sumberdaya lebih. Oleh karenanya ketika suatu activity dalam kondisi stopped maka perlu disimpan data dan kondisi antarmuka saat itu. Karena ketika activity telah keluar atau ditutup, maka dia akan menjadi inactive.
4)Inactive,
Kondisi ketika activity telah dihentikan dan sebelum dijalankan. Inactive activity telah ditiadakan dari tumpukan activity sehingga perlu restart ulang agar dapat tampil dan digunakan kembali.
Kondisi transisi ini sepenuhnya ditangani oleh manajer memori android. Android akan memulai menutup aplikasi yang mengandung activity inactive, kemudian stopped activity, dan dalam kasus luar biasa paused activity juga akan di tutup.

2.Services
Suatu service tidak memiliki tampilan antarmuka, melainkan berjalan di background untuk waktu yang tidak terbatas. Komponen service diproses tidak terlihat, memperbarui sumber data dan menampilkan notifikasi. Service digunakan untuk melakukan pengolahan data yang perlu terus diproses, bahkan ketika Activity tidak aktif atau tidak tampak.


3.Intents
Intens merupakan sebuah mekanisme untuk menggambarkan tindakan tertentu, seperti memilih foto, menampilkan halaman web, dan lain sebagainya. Intents tidak selalu dimulai dengan menjalankan aplikasi, namun juga digunakan oleh sistem untuk memberitahukan ke aplikasi bila terjadi suatu hal, misal pesan masuk. Intents dapat eksplisit atau implisit, contohnya jika suatu aplikasi ingin menampilkan URL, sistem akan menentukan komponen apa yang dibutuhkan oleh Intents tersebut.
4.Broadcast Receivers
Broadcast Receivers merupakan komponen yang sebenarnya tidak melakukan apa-apa kecuali menerima dan bereaksi menyampaikan pemberitahuan. Sebagian besar Broadcast berasal dari sistem misalnya, Batre sudah hampir habis, informasi zona waktu telah berubah, atau pengguna telah merubah bahasa default pada perangkat. Sama halnya dengan service, Broadcast Receivers tidak menampilkan antarmuka pengguna. Namun, Broadcast Receivers dapat menggunakan Notification Manager untuk memberitahukan sesuatu kepada pengguna.
5.Content Providers
Content Providers digunakan untuk mengelola dan berbagi database. Data dapat disimpan dalam file sistem, dalam database SQLite, atau dengan cara lain yang pada prinsipnya sama. Dengan adanya Content Provider memungkinkan antar aplikasi untuk saling berbagi data. Komponen ini sangat berguna ketika sebuah aplikasi membutuhkan data dari aplikasi lain, sehingga mudah dalam penerapannya.

Tipe Aplikasi Android
Terdapat tiga kategori aplikasi pada android [Reto Meier, Profesional Android Application Development, Wiley Publishing, Canada, 2009] :
1. Foreground Activity
Aplikasi yang hanya dapat dijalankan jika tampil pada layar dan tetap efektif walaupun tidak terlihat. Aplikasi dengan tipe ini pasti mempertimbangkan siklus hidup activity, sehingga perpindahan antar activity dapat berlangsung dengan lancar.
2. Background Service
Aplikasi yang memiliki interaksi terbatas dengan user, selain dari pengaturan konfigurasi, semua dari prosesnya tidak tidak tampak pada layar. Contohnya aplikasi penyaringan panggilan atau sms auto respon.


3. Intermittent Activity
Aplikasi yang masih membutuhkan beberapa masukkan dari pengguna, namun sebagian sangat efektif jika dijalankan di background dan jika diperlukan akan memberi tahu pengguna tentang kondisi tertentu. Contohnya pemutar musik.
Untuk aplikasi yang kompleks akan sulit untuk menentukan kategori aplikasi tersebut apalagi aplikasi memiliki ciri-ciri dari semua kategori. Oleh karenanya perlu pertimbangan bagaimana aplikasi tersebut digunakan dan menentukan kategori aplikasi yang sesuai.

Siklus Hidup Aplikasi Android
Siklus hidup aplikasi android dikelola oleh sistem, berdasarkan kebutuhan pengguna, sumberdaya yang tersedia, dan sebagainya. Misalnya Pengguna ingin menjalankan browser web, pada akhirnya sistem yang akan menentukan menjalankan aplikasi. Sistem sangat berperan dalam menentukan apakah aplikasi dijalankan, dihentikan sementara, atau dihentikan sama sekali.
Jika pengguna ketika itu sedang menjalankan sebuah Activity, maka sistem akan memberikan perioritas utama untuk aplikasi yang tersebut. Sebaliknya, jika suatu Activity tidak terlihat dan sistem membutuhkan sumber daya yang lebih, maka Activity yang prioritas rendah akan ditutup. [Sayed . Y. Hashimi and Satya Komatineni, Pro Android, Apress, USA 2009]
Android menjalankan setiap aplikasi dalam proses secara terpisah, yang masing-masing memliki mesin virtual pengolah sendiri, dengan ini melindungi penggunaan memori pada aplikasi. Selain itu juga android dapat mengontrol aplikasi mana yang layak menjadi prioritas utama. Karenanya android sangat sensitive dengan siklus hidup aplikasi dan komponen-komponennya. Perlu adanya penanganan terhadap setiap kondisi agar aplikasi menjadi stabil.


0 komentar:

Posting Komentar